Banyak Jalan Berlubang, Truk Muatan Kayu Terguling di Tlogowungu Pati

Banyak Jalan Berlubang Truk Muatan Kayu Terguling di Tlogowungu Pati

PATI, Lingkarjateng.id – Sebuah truk muatan kayu terguling saat melintas di Jalan Tlogowungu-Pati turut Desa Tlogorejo, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati pada Senin, 30 Januari 2023 sekira jam 16.30 WIB.

Kapolsek Tlogowungu, AKP Rumain, menerangkan truk dengan nomor polisi K 9685 GP yang dikemudikan oleh Aris Widianto warga Desa Slungkep, Kecamatan Kayen tersebut berjalan sangat hati-hati saat menerjang jalan rusak yang penuh dengan lubang dan genangan air.

Nahas, karena muatan berat membuat truk tidak seimbang hingga akhirnya terguling ke arah kanan.

“Truk tersebut berjalan dari utara menuju selatan bermuatan kayu jati hasil penebangan Perhutani. Saat sampai di TKP (tempat kejadian perkara) jalan berlubang ada genangan air bercak lumpur. Mengakibatkan truk tersebut oleng,” jelasnya, pada Selasa, 31 Januari 2023.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, namun sebagian jalan tertutup puluhan kayu gelondongan  yang jatuh dari bak truk.

“Kayu jati yang masih berada di bak truk langsung dipindahkan dan diangkut dengan truk lain menuju tempat pembongkaran di kantor Perhutani Puri Pati,” tambahnya.

Kondisi jalan rusak, terlebih di musim penghujan memang membahayakan pengguna jalan.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Pati, Riyoso, saat dikonfirmasi mengaku belum merencanakan perbaikan jalan. Mengingat curah hujan hujan masih tinggi, pihaknya khawatir perbaikan jalan akan mudah cepat rusak.

“Perbaikan jalan dalam situasi cuaca seperti ini (penghujan) kurang tepat. Kita tunggu dulu dan hari ini saya kasih dengan base course sementara,” ungkap Riyoso.

Seperti diketahui, kondisi jalan rusak hampir merata di Kabupaten Pati. Sehingga banyak masyarakat berharap perbaikan segera dilakukan pemerintah. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)