Kerja Sama dengan BPS, Diskominfo Pati Informasikan Jumlah Penduduk

Kerja Sama dengan BPS Diskominfo Pati Informasikan Jumlah Penduduk

PATI, Lingkarjateng.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati memberikan informasi jumlah penduduk Pati di tahun 2023 ini. Tercatat, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati jumlah penduduk Pati sebesar 1.361.068 jiwa.

Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto, mengatakan pentingnya peran Diskominfo Pati dalam memberikan informasi jumlah penduduk. Menurutnya, dengan adanya informasi semacam ini dapat dijadikan bahan bagi pemangku kepentingan dalam mengambil kebijakan publik.

“Informasi mengenai jumlah penduduk tentu harus selalu kita informasikan. Kita koordinasi dengan BPS, agar nanti dapat dijadikan acuan dalam mengambil kebijakan,” ujarnya.

Diskominfo Pati Minta Kesbangpol segera Lengkapi Data Sektoral

Dari jumlah penduduk sebanyak itu, jumlah perempuan lebih dominan ketimbang laki-laki. Dengan rincian 676.192 jiwa penduduk laki-laki atau 49,7% dan penduduk perempuan sebesar 684.876 jiwa dengan prosentase 50,3%.

Kecamatan Pati adalah yang terbanyak dan terpadat, dengan jumlah penduduk mencapai 111.366 jiwa dan kepadatan sebesar 24.55 jiwa/km.

“Untuk yang paling padat memang berada di kota, yaitu Kecamatan Pati dan Juwana. Kalau di Pati ada 100 sekian ribu, di Juwana ada 97.507 penduduk,” tambahnya.

Jumlah di tahun 2023 ini menurut Ratri ada penambahan dari tahun 2022 lalu. Sehingga, acuan dalam membentuk kebijakan di bidang kesehatan dan pembangunan Sumber Daya Manusia atau SDM bisa direncanakan sejak dini, dengan informasi jumlah penduduk tersebut. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)