DPRD Pati Sutikno Harap DBHCHT Dioptimalkan untuk Fasilitas Kesehatan

DPRD Pati Sutikno Harap DBHCHT Dioptimalkan untuk Fasilitas Kesehatan

PATI, Lingkarjateng.id – Anggota Komisi C DPRD Pati, Sutikno ingin penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemaslahatan masyarakat Pati.

Ia berharap, salah satu yang menjadi fokus dalam pengelolaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) adalah sektor kesehatan. Menurut Sutikno, besaran DBHCHT di bidang kesehatan saat ini perlu ditingkatkan.

“Hasil cukai (DBHCHT, red) kan baru Rp 11,5 miliar. Kami harap bisa meningkat untuk memenuhi fasilitas kesehatan yang ada kaitannya dengan rokok,” ungkapnya.

DPRD Pati Sutikno Dukung Upaya Pemberantasan Rokok Ilegal

Menurut anggota DPRD Pati ini, sudah sepatutnya Dinas Kesehatan Kabupaten Pati selaku instansi terkait, mendapatkan jatah anggaran yang lebih besar. Hal ini karena, tambahnya, rokok mempunyai dampak bagi kesehatan masyarakat.

Menurutnya, kandungan nikotin yang ada di dalam rokok sangat berbahaya. Sehingga, masalah kesehatan yang disebabkan oleh rokok dapat diatasi dengan DBHCHT.

“Oleh sebab itu, kalau rokok yang resmi. Pajaknya kan kembali lagi ke masyarakat dan bisa digunakan dana bagi cukai (DBHCHT, red). Bisa digunakan untuk bidang kesehatan dan segala macam. Padahal rokok ilegal sangat berbahaya, kita belum tahu kadar nikotinnya berapa, atau bahkan bisa saja dicampur dengan bahan-bahan lain yang tidak sesuai dengan standar kesehatan,” jelasnya.

Simbiosis mutualisme ini dirasa oleh anggota DPRD Pati ini cukup tepat dalam pemberantasan rokok ilegal. Dirinya pun menyadari kebutuhan masyarakat akan rokok memang tak bisa dihindari. Timbal balik di bidang kesehatan inilah, dirasa olehnya sangat tepat dalam pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat.

“Di masyarakat yang beredar kan banyak rokok ilegal. Mungkin karena rokok yang resmi terlalu mahal. Sementara masyarakat membutuhkan rokok,” pungkasnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)