DKP Pati Dukung Penuh Joyokusumo Aquatic Combat, Harap Bisa Naikkan Gairah Komunitas Ikan Hias

DKP Pati dukung event Joyokusumo Aquatic Combat

PATI, Lingkarjateng.id – Para penghobi ikan hias bakal melaksanakan pameran bertajuk Joyokusumo Aquatic Combat yang rencananya akan dilaksanakan di halaman Stadion Joyokusumo Pati pada Minggu, 29 September 2024 mendatang. Nantinya, ada empat kategori lomba yang akan dipertandingkan yaitu cupang, aquascape, guppy, dan chana.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) pun sangat mendukung rencana event tersebut. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya, Andreas Frans Indarta. Dikatakan bahwa pihaknya sangat mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan oleh para pencinta ikan hias tersebut.

Menurut Andre, event Joyokusumo Aquatic Combat akan membangkitkan minat dari para pencinta ikan hias yang dalam beberapa tahun terakhir lesu. Sekaligus, kata dia, meningkatkan perekonomian masyarakat melalui budidaya ikan hias.

“Kita tentunya sangat mendukung sekali adanya kegiatan ini. Dengan harapan gairah komunitas ikan di Pati kembali naik. Memang sebelumnya sempat dikeluhkan oleh para pembudi daya maupun pedagang ikan hias yang sepi,” ujarnya pada Kamis, 19 September 2024.

Selain dalam bentuk dukungan, lanjut Andre, pihaknya juga bakal memberikan sosialisasi kepada para komunitas ikan hias. Sosialisasi tersebut meliputi cara budi daya yang baik hingga promosi dan penjualan ikan hias untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Bagus Novianti selaku penggagas Joyokusumo Aquatic Combat, mengungkapkan bahwa acara tersebut terinspirasi dari adanya event internasional yang pernah diadakan di Jakarta. Ia berharap dengan adanya event tersebut bisa membentuk wadah bagi para pencinta ikan hias di Kabupaten Pati.

“Saya berharap acara itu nanti bisa menjadi wadah bagi komunitas dan penggemar ikan hias baik dari Pati atau luar Pati,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa para pemenang yang mengikuti Joyokusumo Aquatic Combat nanti akan mendapatkan tropi dan hadiah uang tunai. Iming-iming hadiah inilah yang diharapkan bisa menarik minat dari para penghobi ikan hias untuk turut serta meramaikan Joyokusumo Aquatic Combat pada tanggal 29 September nanti. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)