Lupa Matikan Obat Nyamuk, Dapur Warga Desa Brati Pati Hangus Terbakar

Lupa Matikan Obat Nyamuk Dapur Warga Desa Brati Pati Hangus Terbakar

PATI, Lingkarjateng.id – Api melalap dapur rumah milik Parjo (50) warga Desa Brati, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, pada Jumat, 22 September 2023 sekitar pukul 04.40 WIB. Kebakaran diduga karena obat nyamuk yang dinyalakan, lupa dimatikan hingga akhirnya merembet ke tungku dan membakar seluruh dapur.

Peristiwa nahas ini pun dibenarkan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Kasatpol PP dan Damkar) Kabupaten Pati, Sugiono.

Terkait kebakaran tersebut, kata dia, pos Damkar Kayen mendapat laporan dari warga Brati bernama Ribut.

Diduga Lalai Nyalakan Obat Nyamuk, Rumah di Jaken Pati Ludes Terbakar

Dengan sigap, sebanyak tiga anggota Damkar dan satu unit mobil Damkar dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah. Besarnya kobaran api, kata Sugiono, cukup merepotkan anggotanya dalam bertugas. Hingga akhirnya, api berhasil dipadamkan pukul 05.55 WIB.

“Telah terjadi kebakaran pada Jumat, 22 September 2022 di Desa Brati, Kecamatan Kayen. Objek yang terbakar adalah dapur rumah milik bapak Parjo. Penyebabnya adalah obat nyamuk,” kata Sugiono.

Akibat peristiwa itu, korban diketahui mengalami kerugian sebesar Rp 20 juta yang terdiri atas bangunan dan material seisi dapur.

Sugiono menambahkan, sebelumnya pada Kamis, 21 September 2023 dua peristiwa kebakaran lahan juga terjadi di dua tempat. Pukul 10.40 WIB, lahan bambu di Desa Karangrejo, Kecamatan Juwana terbakar yang diduga akibat dibakar oleh orang tak dikenal.

“Di Mencolo Juwana, ada lahan terbakar karena dibakar orang tak dikenal. Satu unit truk Damkar dan tiga anggota, kami kerahkan untuk memadamkan api,” imbuhnya.

Setelahnya, pos Damkar Juwana kembali melaksanakan pemadaman api di lahan terbuka Desa Tegalarum, Kecamatan Jaken akibat dibakar oleh orang tak dikenal.

“Kemudian di Jaken, armada memadamkan api di lahan bapak Suryono. Penyebabnya sama seperti yang di Juwana,” pungkasnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)