Tabung Gas Bocor Diduga Picu Kebakaran di Pati, 1 Rumah Warga Hangus

Tabung Gas Bocor Diduga Picu Kebakaran di Pati 1 Rumah Warga Hangus

PATI, Lingkarjateng.id  – Kebakaran melanda sebuah rumah milik Agus Susanto RT 06 RW 03 Dukuh Pencil, Desa Tondomulyo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, pada Senin malam, 9 Oktober 2023.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Kasatpol PP dan Damkar) Pati Sugiono, dalam laporannya pada Selasa, 10 Oktober 2023 menerangkan, pihaknya menerima laporan pukul 18.24 WIB. Sebanyak 3 armada truk Damkar dan bantuan 1 unit truk tangki dari PT Garuda dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah.

“Kami menerjunkan sebanyak 9 anggota yang dibantu TNI-Polri bersama warga setempat. Api kemudian bisa dipadamkan sekitar pukul 19.15 WIB,” kata Giono.

Dikatakan, pemicu kebakaran yang cukup besar ini lantaran adanya kebocoran pada tabung gas yang berada di dapur rumah. Api dengan cepat membesar hingga membuat warga sekitar panik berhamburan keluar rumah. Meskipun tidak ada korban jiwa, Agus selaku pemilik rumah mengalami kerugian sebesar Rp 150 juta.

“Dugaan sementara, kebakaran karena kebocoran tabung gas LPG. Tidak ada korban meninggal, tetapi kerugian sebesar Rp 150 juta,” jelasnya.

Pasca pemadaman ini, lanjut Sugiono, tim Damkar kembali berjibaku menjinakkan api yang membakar lahan bambu di Desa Sidomukti, Kecamatan Margoyoso pada Selasa, 10 September 2023 sekitar pukul 01.25 WIB.

Kebakaran kali ini dipicu lantaran pembakaran sampah yang tidak diawasi sehingga merembet ke areal bambu.

“Kemudian pada dini hari, tim Damkar kembali melakukan pemadaman di Desa Sidomukti Margoyoso. 6 anggota Damkar dan 2 truk kami kerahkan,” tutupnya.

Akibatnya, kerugian ditaksir mencapai Rp 1 juta dan tidak ada korban jiwa. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)