Tranformasi Menuju E-Government, Diskominfo Pati Tingkatkan Implementasi Smart City

Tranformasi Menuju E Government Diskominfo Pati Tingkatkan Implementasi Smart City

PATI, Lingkarjateng.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati terus mengupayakan menuju smart city. Salah satunya adalah dengan mengadakan studi komparasi ke Pemerintah Kota Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto, mengatakan pentingnya studi komparasi sebagai materi acuan dalam menerapkan smart city di Kabupaten Pati.

Salah satu yang didapat dari studi tersebut adalah implementasi teknis dimensi e-government pada penerapan akses CCTV yang terpusat secara online dan dapat diakses oleh publik guna mengetahui informasi kondisi pada wilayah tertentu.

Dukung Realisasi Smart City, Diskominfo Pati Harapkan Peran Serta Masyarakat

“November lalu, Diskominfo Pati yang diwakili Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi telah melaksanakan kunjungan ke Pemkot Yogyakarta. Dalam pertemuan itu dibahas peningkatan implementasi smart city,” jelasnya.

Dari studi komparasi tersebut, Diskominfo Pati mempelajari soal pemanfaatan CCTV online sebagai alat untuk memantau kondisi suatu lokasi, kemudian melihat dan mempelajari dengan jelas bagaimana penerapan ATCS (area traffic control system) dan program CCTV Kampung.

Tingkatkan Layanan Publik, Diskominfo Pati Akan Evaluasi Arsitektur SPBE

Tentunya untuk mendukung program ini, diperlukan kesiapan infrastruktur pendukung pelaksanaan CCTV online. Salah satunya adalah kestabilan akses yang sudah memiliki jaringan FO. Artinya jaringan internet sudah tersedia di seluruh balai desa.

“Dalam lawatan kami ke Jogja itu, kami mempelajari CCTV online sampai di kampung-kampung. Termasuk SOP dan hak akses file data CCTV kepada pihak terkait,” tutupnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)