DPRD Pati Narso Dorong Pemkab Sediakan Ruang Publik Ramah Disabilitas

DPRD Pati Narso Dorong Pemkab Sediakan Ruang Publik Ramah Disabilitas

PATI, Lingkarjateng.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso, mendorong fasilitas publik yang ramah terhadap penyandang Disabilitas. Ia menilai sejauh ini ruang layanan publik yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati belum menyediakan fasilitas untuk penyandang disabilitas.

“Dengan belum meratanya akses untuk penyandang disabilitas di ruang publik kabupaten Pati, bisa dibilang Pati belum layak disebut ramah bagi Disabilitas,” ujarnya

Anggota Komisi B DPRD Pati ini menyampaikan bahwa setiap warga negara termasuk penyandang disabilitas berhak memperoleh hak yang sama, tanpa pengecualian. Termasuk dalam hal pelayanan publik.

DPRD Pati Gelar Rapat Persiapan Pengesahan Raperda Disabilitas

Politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap ada peningkatan fasilitas publik, seperti di lingkungan sekolah, fasilitas kesehatan, maupun di tempat kerja agar dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan penyandang disabilitas

Pihaknya mendorong Pemkab Pati dan stakeholder terkait terutasa Dinas Sosial untuk dapat memperhatikan kepentingan masyarakat penyandang disabilitas. Dengan demikian, implementasi sila kelima Pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia benar-benar terselenggara.

Bahas Raperda Disabilitas, DPRD Pati Libatkan Banyak Pihak

“Penyandang disabilitas di Pati ‘kan juga memiliki hak-hak yang harus tetap dipenuhi sebagai warga negara Indonesia. Untuk itu, Komisi B mengimbau pemkab agar lebih maksimal dalam meningkatkan fasilitas bagi mereka,” ungkapnya.

Menurut anggota DPRD Pati Narso, beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melengkapi fasilitas publik antara lain menambah petugas dengan kemampuan bahasa isyarat, penunjuk jalan atau guiding block, dan jarak pada zebra cross dengan dengan garis kendaraan yang tidak terlalu dekat.

“Selain itu juga akses jalan harus dibuat trotoar yang dilengkapi lantai pemandu, fasilitas kamar mandi, serta lift khusus bagi penyandang Disabilitas,” tandasnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)